Friday, 24 May 2024
Berita

557 CJH Sampang Ikuti Manasik Haji, Ini Pesan Kepala Kemenag Sampang

kemenagsampang.com -Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang mulai melakukan bimbingan manasik haji kepada sebanyak 557 calon jamaah haji 2024,Rabu (24/4/2024).

Manasik haji massal satu yang digelar di Gedung PKPRI Trunojoyo, diikuti sebanyak  569 peserta yang terdiri dari 557 calon  jemaah haji, 2 orang petugas kloter, pembimbing ibadah haji  2 orang, petugas kesehatan 2 orang, petugas keperawatan 3 orang dan  petugas haji daerah 3 orang.

Bimbingan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kemenag Sampang itu, berjalan dengan lancar dan khidmat. Dalam pembukaan tersebut Kepala Kemenag Sampang, Abdul Wafi  mengingatkan para calon jemaah haji untuk meluruskan niat .

“Kami ingatkan kepada para calon jemaah haji untuk meluruskan niat agar semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah SWT ,” kata Kepala Kemenag Sampang, Abdul Wafi .

Selain itu, mantan Kasubag TU Kemenag Pamekasan ini  juga berpesan, kepada para jemaah dan petugas agar senantiasa bersikap sabar. Terutama, saat melaksanakan ibadah haji dan jemaah tidak boleh terlalu “ngalem” kepada petugas.

“Untuk petugas harus sabar menghadapi berbagai macam karakter jemaah dan jemaah tidak boleh terlalu ngalem kepada petugas,” pesannya.

Lebih lanjut, untuk estimasi keberangkatan jemaah haji Kabupaten Sampang dijadwalkan pada tanggal 07 -08 Juni 2024 dengan kloter  98 dan 99.  Nantinya, setiap kloter para calon jemaah haji akan didampingi  oleh petugas kloter yaitu ketua kloter, pembimbing ibadah dan petugas kesehatan.

“Dalam pelaksanaan ibadah haji, setiap kloter para calon jemaah haji akan didampingi petugas yaitu ketua kloter, pembimbing ibadah,  dan tenaga kesehatan,” pungkasnya.

Diketahui, dalam manasik tersebut para jemaah mendapatkan tiga materi, diantaranya materi tentang kebijakan penyelenggaraan haji tentang jemaah haji tahun 2024,  yang disampaikan langsung oleh Ketua Tim Akomodasi, Transportasi, Perlengkapan Haji Reguler Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim, Farmadi Hasyim.

Kemudian materi tentang alur perjalanan ibadah haji dan tata kelola dam yang disampaikan oleh Ketua MUI Sampang, K.H Bukhori Maksum .

Materi ketiga yaitu tentang kebijakan pelayanan kesehatan dan senam haji, yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang, dr. Myra Edwina Sukamto..

Sebagai informasi bimbingan manasik haji massal 2 akan dilaksanakan mulai tanggal 29 Aprilsampai dengan 04  Mei 2024.(Red)

Post Comment