Sunday, 21 Jul 2024
Berita

82 Guru PAI ikuti Rakor, Ini Pesan KaKan Kemenag Sampang

kemenagsampang.com -

Sebanyak 82 (Delapan Puluh Dua) pengawas dan Guru Agama Islam se Kabupaten Sampang yang berasal dari unsur Forum Komunikasi Guru (FKG), Kelompok Kerja Madrasah (KKM) dan Musyawarah Guru Matas Pelajaran (MGMP) mengikuti Rapat Koordinasi di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, Kamis (09/02/2023).

Saat membuka acara, Kepala Kantor Kemenag Sampang Abdul Wafi menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi oleh para  Guru PAI di jaman sekarang cukup sulit.

“ Tantangan mengajar terkadang bukan dari siswa atau lingkungan sekolah, namun media publik “ Kata Abdul Wafi.

Di Sekolah atau Madrasah, Lanjut Abdul Wafi, guru sudah mengajarkan sikap-sikap terpuji yang harus dijalankan peserta didik, demikian pula mengenai keteladanan. Namun apa mau dikata, justru media publik kerap mempertontonkan berita atau pun hal-hal yang jauh bertentangan. Mulai dari kekerasan, isu-isu selebritis yang lebih mengedepankan gosip tak jelas, hingga yang mulai tak aneh lagi di era politik sekarang adalah pertikaian antar elit atau tokoh-tokoh pemimpin.

“ Semuanya diperlihatkan begitu vulgar di ruang publik yang dikonsumsi oleh berbagai jutaan pasang mata dari segala umur “ ungkapnya.

Padahal, Kata Abdul Wafi, indikator keberhasilan pendidikan agama pada dasarnya cukup sederhana yakni terbentuknya sikap. Sikap atau akhlak mulia para siswa yang kemudian tercermin dalam perilaku sehari-hari.

“ Misalnya menghormati orang tua, patuh kepada guru, menjaga kebersihan, tidak corat-coret fasilitas umum hingga tidak bentrok antar kawan seperti tawuran “ Ujarnya.

Untuk itulah, Abdul Wafi menghimbau para guru PAI agar senantiasa memiliki mental pejuang, meyakini bahwa tugasnya adalah mulia karena membangun akhlak bangsa.

“ Tak kalah penting harus  senantiasa kreatif dan inovatif agar stigma minus PAI yang selama ini dianggap sebagai mata pelajaran tersisih, tidak favorit bahkan kurang menarik sedikit demi sedikit terkikis “ pungkas Abdul Wafi. (Red)

 

Post Comment