Wednesday, 20 Oct 2021
Berita

Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Kepala Kemenag Sampang

kemenagsampang.com -Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sampang H.Pardi  menegaskan, Pancasila merupakan ruh bangsa Indonesia. Karenanya, kesaktian Pancasila tak cukup dimaknai dalam tataran ideologis-formal semata. Namun, harus diwujudkan dalam tingkah laku keseharian masyarakat.

“Menghayati kesaktian Pancasila harus dengan aktualisasi dalam berbagai kegiatan kehidupan. Sehingga Pancasila tak mati suri, tak kalah dari ideologi lain yang tidak sejalan dengan falsafah hidup bangsa Indonesia ,” ujar H.Pardi usai memimpin rapat dengan kelompok Kerja Pengawas Madrasah di Aula Kemenag Sampang , Selasa (30/09/2021).

H.Pardi juga mengingatkan jangan sampai Pancasila mengalami degradasi kredibilitas karena implementasi yang tak tepat sasaran. Pancasila jangan dimanfaatkan untuk kepentingan politik tertentu. Namun, harus dimanfaatkan untuk memperkuat ikatan solidaritas dalam kehidupan bermasyarakat, serta meneguhkan rasa cinta tanah air untuk merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

“Peringatan hari Kesaktian Pancasila harus dijadikan peringatan bagi kita sebagai bangsa, bahwa dalam sejarah perjalanan bangsa ini pernah ada kekejaman dan pengkhianatan. Untuk itu, semua elemen bangsa harus waspada jangan sampai paham komunisme tersebut tumbuh subur kembali di bumi pertiwi yang kita cintai ini. Peringatan hari Kesaktian Pancasila harus menyadarkan kita bahwa Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup itu mampu menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang ada,” kata H.Pardi.

Selain itu, H. Pardi mengajak kepada masyarakat untuk bersykur kepada Allah SWT, atas karunianya yang telah melindungi Indonesia dari segenap macam rongdongan. Serta atas segenap petunjukNya kepada para pendiri bangsa ini yang telah merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

“ Segenap puji dan syukur bagi Allah yang telah menanugerahi pertolongan dan kejayaan bagi bangsa Ini, sehingga bangsa ini samapai saat ini tetap utuh sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia “  tukas H.Pardi.

Pardi menambahkan, keutuhan itu menjadi bukti ketangguhan Indonesia sebagai bangsa yang yang berbudaya dan religius. Bangsa yang mampu menangkal dan menangkis setiap upaya rongrongan terhadap Pancasila.

“ Selamat hari kesaktian Pancasila, mari kita bersatu meneguhkan dasar negara ini sebagai pandangan hidup yang berkah bersendikan nilai-nilai agama yang damai dan sejahtera “ Ucap H.Pardi.(Red)

 

 

Post Comment