Sunday, 21 Jul 2024
Berita

Kemenag Kabupaten Sampang Himbau Calon Jamaah Haji Segera Lunasi Bipih

kemenagsampang.com -Kementerian Agama Kabupaten Sampang

Hadir Sebagai Inspirasi

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang menghimbau kepada calon  jamaah haji yang mendapat porsi berangkat haji tahun ini, untuk dapat melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

Himbauan ini disampaikan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Sampang, Abdul Wafi  menyusul telah terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) RI nomor 6 tahun 2024 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi yang bersumber dari Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dan Nilai Manfaat.

Dalam Keppres tersebut, besaran Bipih per jamaah untuk embarkasi Surabaya sebesar Rp60.526.334,00. Sedangkan besaran Bipih PHD (petugas haji daerah) dan Pembimbing KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh) Embarkasi Surabaya sebesar Rp97.890.448,00.

Oleh karenanya, setiap jamaah dapat segera melakukan pelunasan di Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) yang telah ditunjuk.

"Kami persilahkan seluruh jamaah yang berangkat haji tahun ini untuk dapat melunasi Bipih di Bank penerima setoran ketika daftar haji," kata Abdul Wafi saat ditemui di ruangannya, Rabu (07/02/2024).

Untuk tahun ini, jumlah jamaah Kabupaten Sampang yang mendapat porsi berangkat haji sebanyak 718

Ratusan  Tamu Allah tersebut dapat melakukan pelunasan di tahap pertama yang dimulai sejak 9 januari-12 pebruari 2024.

Kata KanKa Kemenag Sampang Abdul Wafi, sebelum melakukan pelunasan, masing masing  calon jamaah haji melakukan medical check up.

“ Bagi yang sudah memenuhi  Istithoah atau syarat kesehatan secara medis bisa dilanjutkan dengan pembuatan paspor  dan biometrik untuk pembutan visa di seksi pelenggara haji dan umroh“ ujarnya.

Untuk bisa menyampaikan pelunasan Bipih, Lanjut Abdul Wafi,  Kemenag Kabupaten Sampang mensosialisasikannya melalui KUA kecamatan, madrasah, penyuluh agama Islam hingga KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) se-Kabupaten Sampang.

“ Per tanggal 6 Februari 2024 kemarin, tercatat sudah 555 Calon Jamaah Haji yang sudah memenuhi syarat Istithoah dan 448 Calon Jamaah Haji yang sudah melakukan pelunasan “ Ungkap Kakan Kemenag Sampang Abdul Wafi.

Untuk itu, Disampaikan Kakan Kemenag Sampang Abdul Wafi , phaknya menghimbau bagi yang belum melakukan medical check up segera melakukannya di RSUD Mohammad Zyn Sampang atau di Puskesmas setempat disesuaikan dengan domisili masing-masing

“ Bagi yang sudah melalukan medical check up segera melakukan pelunasan dan bagi yang sudah melunasi  segera melakukan pembuatan paspor dan biometrik untuk pembuatan visa “ pungkasnya.

#KementerianSemuaAgama

Post Comment