Wednesday, 20 Oct 2021
Berita

Kepala Kemenag Sampang Launching Program Vokasi di MAN 1 Sampang

lAUNCHING vOKASI

kemengsampang.com-Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang H.Pardi melaunching Program Pelatihan Advokasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sampang.

"Untuk mewujudkan SDM yang memiliki keterampilan dan kualifikasi yang baik, salah satu upaya pemerintah yakni mengembangkan program vokasi di sekolah dan madrasah ," kata Presiden Jokowi di Halaman MAN 1 Sampang, Kelurahan Gunung Sekar,  Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Senin (27 /01).

Dalam sambutannya, H.Pardi menjelaskan di era persaingan saat ini, kompetisi antar negara sangat ketat. Terjadi adu ekonomi, adu pintar-pintaran antar manusia.

"Begitu manusianya, begitu SDM-nya kalah, ya sudah ditinggal oleh negara lain. Pemerintah kita tidak mau SDM Indonesia ditinggal oleh negara lain,"katanya.

Dikatakan H.Pardi , seluruh negara ssat ini juga sedang beradu skill dan kompetisi untuk menjadikan SDM yang unggul. "Bukan ijazahmu apa? Bukan adu ijazah sekarang.  Tapi adu keterampilan, adu skill dan kompetensi," katanya.

 

H.Pardi  menyatakan, Program Vokasi ini  merupakan terobosan dari Gurbernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan  peningkatan kompetensi SDM untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter yang telah diberikan pada lembaga pendidikan dengan tambahan keterampilan atau hard skill.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang diberikan dalam bentuk bantuan hibah daerah lembaga-lembaga pendidikan baik sekolah maupun madrasah. Program Vokasi ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.

 

" Kami sangat mendukung dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Gubernur Jawa Timur. Semoga program ini menjadi langkah awal untuk turut serta berperan aktif dalam mempercepat peningkatan kompetensi SDM Indonesia," ujar H.Pardi.

 

Sementara Kepala MAN 1 Sampang  mengungkapkan bahwa program pelatihan vokasi ini bersumber dari dana hibah daerah Provinsi Jawa Timur. Dalam pelaksanaannya dialokasikan untuk pembangunan gedung,pembelian peralatan dan pelatihan.

 

“ Untuk MAN 1 Sampang pelatihan vokasi berupa teknik kendaraan ringan, tata busana dan tata kecantikan. Ketiga kejuruan itu sudah dibangun gedungnya, perlengkapannya komplit dan tenaga pelatihnya sudah disiapkan dengn menggandeng tenaga yang benar benar ahli dan  profesional “ tutur Fathor.

 

Dalam proses acara launching tersebut, ditandai dengan penyematan tanda peserta dari Kepala Kemenag Sampang pada 2 (dua) siswa. Kemudian diakhiri dengan pelepasan balon udara dan pengguntingan pita

 

Post Comment