Saturday, 20 Jul 2024
Berita

428 Jamaah Haji Sampang Ikuti Bimbingan Manasik Haji Massal Tahun 2023

kemenagsampang.com -Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang  menggelar bimbingan manasik haji massal bagi Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 1444 Hijriyah/2023 Masehi di Aula Gedung PKRI Trunojoyo Jalan Rajawali Kelurahan Karang Dalam, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Rabu (10/5/2023).

 

Bimbingan manasik haji tingkat kabupaten tersebut diikuti oleh 428  peserta dan dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang Abdul Wafi.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah Kepala Seksi di Lingkungan Kemenag Sampang, Kepala KUA se Kabupaten Sampang, Ketua KBIH Se Kabupaten Sampang dan para petugas haji kloterr maupun non klolter.

 

Hadir juga sebagai narasumber,  Ketua  Tim Transportasi, Perlengkapan dan Akomodasi Haji Reguler Bidang PHU Kanwil Kemenag Jatim, Farmadi,  Kabid Pengendalian Penduduk dan KB Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi dan Ktua MUI Kabupaten Sampang K.H Bukhori Maksum.

 

Mengawali sambutan saat membuka acara, Kepala Kemenag Sampang Abdul Wafi mengatakan ibadah haji adalah merupakan salah satu rukun Islam yang istimewa.  Untuk itu penting bagi para jamaah haji mulai sekarang untuk meluruskan niat dan menjaga kesehatan.

 

“ Haji ini merupakan panggilan dari Allah SWT, untuk itu marilah kita lutuskan niat semata hanya untuk Allah SWT dan terus berdoa agar benar-benar ditakdirkan untuk sampai di tanah suci Mekah “ ujar Abdul Wafi.

 

Kepala Kemenag Sampang Abdul Wafi juga menyampaikan pentingnya para  jamaah haji untuk mengikuti bimbingan manasik haji baik di tingkat kabupaen maupun di tingkat kecamatan. Agar mendapatkan bekal dan pengetahuan yang cukup dalam pelaksanaan Ibadah Haji.

 

Di tingkat Kabupaten, Lanjutnya, akan dilaksanakan selama 2 (dua ) kali yang dilaksanakan oleh seksi PHU Kantor Kemenag Sampang. Sedangkan di tingkat kecamatan akan dilakukan 6 (enam) kali yang penyelenggaranya adalah masing-masing KUA di kecamatan.

 

“Apabila ada yang tidak dipahami dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji, hendaknya tidak ragu untuk bertanya kepada pembimbing manasik haji sehingga bisa mendapatkan pengetahuan yang baik dan benar tentang pelaksanaan ibadah haji,” tegasnya.

 

Di akhir sambutannya, Kepala Kemenag Sampang Abdul Wafi mendoakan agar semua jamaah haji kabupaten Sampang selalu dikaruniai kesehatan, kelancaran dan keselamatan dalam melaksanakan ibadah Haji. Sejak mulai pemberangkatan hingga tiba kembali ke kampung halaman.

“ Semoga semuanya mendapatkan predikat Haji Mabrur dari Allah SWT “ ucap Abdul Wafi .(Red)

Post Comment