Wednesday, 20 Oct 2021
Berita

Kemenag Sampang Akan Gelar Kompetisi Sains Madrasah Online 2021

kemenagsampang.com -Kementerian Agama (Kemenag ) Sampang akan menggelar Kompetisi Sains Madrasah Online ( KSMO) Tingkat Kabupaten pada tanggal 22 s/d 23 Agustus 2021 mendatang. Kompetisi ini akan digelar secara online sehingga disebut KSMO.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Sampang, Mawardi, menjelaskan bahwa  KSMO merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktor Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI yang dilakukan secara bertahap.

“ Dimulai dari tingkat satuan pendidikan itu sendiri lalu ke tingkat kabupaten. Setelah itu para juara menjadi delegasi untuk mengikuti tingkat provinsi hingga ke tingkat Nasional “ jelas Mawardi saat diwawancara via seluler, Minggu (15/08/2021)

Dikatakan Mawardi, tujuannya untuk  memberi ruang bagi siswa madrasah dalam mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sekaligus menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat, serta memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual. 

“ Bahkan KSMO ini juga memberi kesempatan kepada para siswa madrasah untuk menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan bangsa “ kata Mawardi.

Menurut Mawardi, Umar, KSMO 2021 digelar dengan sejumlah keunggulan, meski pada masa pandemi. Diantaranya, SMO mengintegrasikan antara ilmu keislaman dan sains. KSMO menuntut peserta mendapat bimbingan persiapan minimal dari lima guru, yaitu guru sains (sesuai bidangnya), Fiqih, Al-Quran Hadis, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan guru IT. 

“Pendampingan pada masa persiapan harus dilakukan secara kolaboratif, karena materi KSMO mengintegrasikan antara ilmu keislaman dan Ilmu pengetahuan atau sains,” papar Mawardi.

Selain itu,  Mawardi menerangkan, KSMO memanfaatkan teknologi digital berupa Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Artifisial untuk mengukur dan menguji integritas peserta.

“ Ada layanan kamera yang terpasang di setiap aplikasi yang digunakan peserta “ terang Mawardi.

Mawardi menambahkan, ada sejumlah bidang yang dilombakan. Pada jenjang MI, lomba dibagi pada dua bidang: Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. Untuk MTs, ada tiga bidang lomba, yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi. Sementara MA, ada lima bidang lomba, yaitu: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi Terintegrasi.

“Untuk pelaksanaan KSMO sendiri akan digelar  mulai tanggal 22 s/d 23 Agustus 2021. Sedangkan mulai kemarin, tanggal 14 sampai tanggal  16 besok. Jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 850 siswa “ ungkapnya.

Mawardi berharap semoga nantinya dari Sampang bisa mengirimkan perwakilannya hingga ke tingkat nasional.

“ Mohon doa dan dukungannya semoga siswa madrasah dari Sampang ada yang bisa tampil sebagai juara nasional “ Harap Mawardi.(Red)

 

 

Post Comment