Sunday, 19 Sep 2021
Berita

Kepala Kemenag Sampang Kukuhkan APRI Sampang

kemenagsampang.com -Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang H.Pardi ditunjuk untuk  mengukuhkan Pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Sampang  periode 2021-2025  di Aula Hotel Panglima Jalan Panglima Sudirman IV Kelurahan Dalpenang Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang, Selasa (02/03/2021)

Dalam sambutannya usai mengukuhkan, Pardi  berharap, agar  Apri kabupaten Sampang  yang baru dikukuhkan  bisa segera konsolidasi serta merumuskan program-program dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pengurus APRI Sampang notabene adalah Penghulu yang merupakan Garda Terdepan dalam Pelayanan kepada Masyarakat. Peran penghulu sangat berat tapi juga mulia. Sebagai organisasi mempunyai peranan penting dalam memberikan bimbingan kepada masyarakat,” ungkap Pria yang juga dipercaya sebagai Pembina APRI Sampang ini.

Selaras dengan itu, Kabid Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemanag Jatim Moh. Amin Mahfud saat memberikan arahan menyampaikan, APRI terdiri dari semua penghulu yang bertugas di sampang. Dasar pembentukannya mengacu pada UU ASN 5/2014 dan PP 11/2017 berkaitan manajemen PNS. Diharapakan APRI bisa berperan lebih aktif dalam melayani masyarakat.

”Penghulu harus aktif utamanya terkait pelayanan. Harus menjadi rool model. Selain sebagai ASN, harus membimbing masyarakat yang ada disekitarnya,” katanya.

Menurutnya, penghulu memiliki tugas yang komplek. Karena itu, mereka harus banyak melakukan tranformasi pelayanan. Termasuk meningkatkan kompetensi personal. Hal itu dinilai penting agar mampu menjadi corong Kemenag dalam menangani masalah di tengah masyarakat.

”Jangan puas dengan pengetahuna yang dimiliki dan harus terus belajar. Ketika ada persoalan di tengah masyarakat harus bisa memberikan solusi,” harapnya.

Amin pernah merasakan menjadi penghulu. Banyak pertanyaan yang berkaitan dengan munakahad atau isu sosial lainnya yang muncul dari masyarakat. ”Penghulu yang sekarang harus berbeda dengan yang dulu,” tandasnya. (Red)

Post Comment