Wednesday, 20 Oct 2021
Berita

PTSP Kemenag Sampang, Pilihan Siswa Pelajari Cara Melayani Masyarakat

kemenagsampang.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang sebagai pusat layanan kepada masyarakat ternyata juga memiliki fungsi sebagai fungsi edukasi.

Hal ini dibuktikan dengan dipilihnya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Sampang sebagai salah satu tempat magang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sampang.

Kepala Subbagian Tata Usaha (Kasubbag) Kantor Kemenag Sampang  Abdus Salam Arbain menyampaikan hampir setiap tahun bukan hanya dari siswa saja. Namun mahasiswa dari sejumlah kampus baik yang ada di Sampang maupun di luar Sampang pun pernah magang

‘’Sejak diresmikan di tahun 2019, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Sampang telah  menjadi salah satu alternatif mahasiswa dan siswa untuk belajar mekanisme layanan masyarakat.  Sebab  PTSP melayani berbagai sektor di bawah Kemenag, seperti Haji, ijin rekomendasi, ijin pendirian lembaga pendidikan diniyah, piagama masjid dan musholla, konsultasi zakat dan lain sebagainya,’’ kata Abdussalam saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/12/2020).

Menurut Abdussalam, ada banyak hal ada bisa dipelajari di bagian PTSP, selain soal sikap dan cara melayani masyarakat denga ramah, siswa magang juga memiliki kesempatan bersosialisasi dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan kerja Kemenag Sampang.

“ Mereka akan mendapatkan pelajaran banyak hal ketika berinteraksi dengan para pegawai di kemenag Sampang “  ujarnya.

Salah satu siswa magang dari SMK Miftahul Ulum, Karang Penang, Sampang  dari  Aini Zakiyah (17 Tahun) mengaku sangat senang bisa ikut magang di Kantor Kemenag Sampang.

“ Sangat senang karena pelayanannya cukup ramah, orang-orangnya supel dan responsive “ Ujar Aini.

Aini menambahkan ia bersama kedua temannya terlibat langsung dalam pelayanan sehingga bisa belajar banyak hal.

“ Mulai dari sikap saat menerima tamu, melayani tanya jawab hingga menyiapkan layanan yang dibutuhkan, pokoknya kami banyak dapat ilmu di sini “ pungkasnya.  (Red)

Post Comment