Saturday, 20 Jul 2024
Berita

Asah Kemampuan Penghulu, Kemenag Sampang Gelar Lomba Khutbah Nikah

kemenagsampang.com -Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-75, Kantor Kemenag Sampang menggelar lomba khutbah nikah.

Lomba baca khutbah nikah ini dinilai sangat penting dalam rangka mendukung kegiatan kepenghuluan dalam menjalankan tugasnya ketika proses akad nikah berlangsung.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kemenag Sampang Pardi saat membuka lomba yang dilaksanakan di Aula Kemenag Sampang, Senin (28/12/2020).

Pardi mengatakan melalui lomba khutbah nikah itu diharapkan dapat menambah performa penghulu. Dimana salah satu tolak ukurnya adalah kemampuan membaca khutbah nikah.

“ Sebagai ajang mengasah diri bagi penghulu agar selalu siap sedia karena bisa jadi pemilik acara akan meminta penghulu untuk khutbah ketika acara aqdun Nikah “ Kata Pardi.

Oleh karena itu, Lanjut Pardi, dirinya sangat mengapresiasi adanya lomba khutbah nikah yang di selenggarakan oleh panitia HAB ke- 75 Kemenag Sampang.

“ Kegiatan ini sangat positif dalam ranga meningkatkan SDM untuk mewujudkan penghulu yang profesional dan terpercaya “ tukasnya.

Ditemui di tempat yang sama, Imam Mahmudi, Ketua Panitia HAB Ke-75 menyampaikan bahwa pihaknya menggelar lomba sangat mengindari terjadinya kerumunan. Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19.

“ Kami menghindari betul perlombaan yang menimbulkan kerumunan dan melaksanakannya dengan memperhatikan protokol kesehatan “ ujar pria yang juga menjabat sebagai Kasi Penais Zawa Kemenag Sampang ini.

Meski demikian, tambah Imam, tak mengurangi kesemarakan peringatan HAB Kemenag ke-75. Banyak perlombaan yang digelar dengan melibatkan semua elemen.

“ Mulai dari lomba video pembelajaran untuk guru, lomba kreasi masker untuk ibu-ibu, lomba tenis meja, lomba khutbah nikah, lomba memasukkan jarum dan lainnya “ imbuhnya.

Imam menjelaskan puncak rangkaian acara akan ditutup dengan pelaksanaan upacara dan resepsi atau tasyakuran.

“ Setelah Upacara akan kita lanjutkan dengan tasyakuran sederhana dan santunan anak yatim “ pungkasnya.

Lomba khutbah nikah yang berlangsung selama 4 (empat) jam itu cukup mendapatkan antusiasme dari peserta. Tampil sebagai juara pertama dalam lomba tersebut adalah Syarif Toyyib Kepala KUA Ketapang, menyusul juara kedua Mohammad Syukron Kepala KUA Sokobanah dan terakhir, juara ketiga Mohammad Hosni Kepala KUA Sampang. (Red)

Post Comment