Tuesday, 16 Apr 2024
Berita

Gelar BRUS, Penyuluh Agama Islam : Stop Perkawinan Anak Dan Narkoba

kemenagsampang.com -Remaja merupakan aset bangsa sebagai generasi calon pemimpin masa depan. Karenanya mereka harus dibimbing, didampingi dan diarahkan agar menjadi generasi yang berkualitas. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sampang, Abdus Salam, saat membuka kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) di Aula Kanyor KUA Kecamatan Sampang. Rabu (15/02/2023).

Lebih lanjut, Abdus Salam menyampaikan tantangan dan problematika remaja masa kini semakin beragam. Misalnya: pergaulan bebas, narkoba, kecanduan game online, pernikahan anak dibawah usia 19 tahun.

“Hendaknya remaja memahami itu semua dan mereka mampu menemukan solusi agar bisa mengatasi tantangan dan problematika tersebut. Remaja juga harus memiliki konsep diri remaja sehat sehingga mampu menumbuhkan dan mengembangkan kemampuannya. Setelah seseorang mengetahui dirinya, maka terbentuklah sikap dan perilaku dalam menentukan arah dan prinsip hidup yang diinginkan,” ungkapnya.

 

Dikatakan Abdus Salam, tujuan dilaksanakannya kegiatan BRUS tersebut yanki untuk menekan angka pernikahan anak, mensosialisasikan bahaya NAPZA, menekan pergaulan bebas anak sekolah, menjadikan anak-anak  mengenal diri dan berkarakter sesuai akhlak  Rasulullah SAW serta ensosialisasikan UU Perkawinan terkait perubahan usia nikah.

 

“ Di samping itu agar para siswa siswi lebih mengenal fungsi dan tugas KUA dan merupakan bagian dari revitalisasi KUA yang telah diprogramkan oleh Menteri Agama “ tandasnya.

 

Sementara itu, salah satu Penyuluh Agama Islam Fungsional, Laily Asyiqoh mengatakan kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 (Tiga) hari.

 

“ Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari dengan peserta sebanyak tiga puluh orang yang berasal dari siswa Kelas 11 MAN 1 Sampang “ kata Layli Asyiqoh.

Adapun Materi yang diberikan berupa seputar UU Perkawinan, Bahaya Narkoba, dan praktek prosedur pendaftaran nikah serta tata cara pelaksanaan nikah.(Red)

 

Post Comment