Tuesday, 16 Apr 2024
Berita

Jajaran Kemenag Sampang Antusias Ikuti Rakernas Kemenag RI 2023 Secara Daring

kemenagsampang.com -Kasubbag TU Kemenag Sampang, Abdussalam Arbain, Kepala Seksi, Kepala Madrasah ,Kepala KUA serta Pejabat Fungsional tertentu nampak antusias mengikuti Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Kementerian Agama RI Tahun 2023 secara daring di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang, Sabtu (04/02/2023).

Kegiatan yang mengusung tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat” tersebut dilaksanakan secara daring serentak seluruh Indonesia.

Kegiatan dibuka langsung oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas di Platinum Hotel Tunjungan Surabaya.

Dalam sambutannya Menteri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas menegaskan kepada jajarannya untuk tidak melakukan praktik korupsi dalam semua proses penyelenggaran program Kementerian Agama.

“Pimpinan Satker agar membuat surat edaran larangan praktik koruptif di lingkungan kerja maupun lembaga pendidikan. Upaya menghilangkan praktik korupsi, bahkan harus dimulai dari hal sederhana. Misalnya, tidak menitip absen, tidak mencontek dalam ujian bagi siswa dan mahasiswa, tidak menerima atau memberi gratifikasi, dan lainnya,” Ujarnya.

“Jajaran Kemenag harus terlibat secara intensif dalam upaya menjernihkan setiap isu krusial di masyarakat, melalui penjelasan yang efektif dan edukatif, baik secara langsung maupun melalui konten publikasi di media konvensional maupun digital,” sambungnya.

Berkenaan dengan transformasi digital, Gus Men minta agar dilakukan percepatan implementasi. Kebijakan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dan Satu Data harus ditingkatkan kualitas implementasinya. “Sehingga, pelayanan prima pemerintah, khususnya Kemenag, dapat segera dirasakan masyarakat,” pintanya.

Menyongsong tahun politik, Menag berpesan agar seluruh jajarannya ikut berupaya dalam mencegah politisasi agama di rumah ibadah dan lingkungan masyarakat. Menjadi tugas ASN Kemenag untuk memastikan kerukunan umat tetap terjaga baik di tahun politik.

Sementara itu, saat dikonfitmasi via seluler, Kepala Kemenag Sampang Abdul Wafi mengatakan bahwa Rakernas Kemenag RI kali ini sangat penting untuk diikuti secara bersama dan seksama. Mengngat ada banyak inovasi dan kebijakan dari Menteri Agama untuk dipahami dan diimplementasikan secara baik di daerah.

“ Inovasi kebijakan yang dicanangkan oleh Menteri Agama harus mampu diterjemahkan di daerah, sehingga para jajaran kemenag Sampang  harus mengikuti Rakernas meskipun secara daring “ kata Abdul Wafi dari arena Rakernas di Hotel Tunjungan Surabaya.

Abdul Wafi menyampaikan apresiasi kepada segenap jajarannya yang telah aktif dan antusias mengikuti jalannya Rakernas melalui zoom meeting.

Meskipun, Lanjut Abdul Wafi, dirinya tidak bisa membersamai dikarenakan mengkuti langsung acara Rakernas Kemenag Ri Tahun 2024 di Surabaya.

“ Disampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi aktif Kasubag TU, para kasi,para kepala KUA, kepala Satker serta para JFT dalam mengikuti rakernas via zoom meeting meskipun tanpa kehadiran saya selaku Kepala Kemenag Sampang “ pungkas Abdul Wafi. (Red)

 

Post Comment