Tuesday, 16 Apr 2024
Berita

Kemenag Sampang Imbau Umat Muslim Saling Hargai Perbedaan 1 Ramadhan

kemenagsampang.com -Kementerian Agama Kabupaten Sampang

Hadir Sebagai Inspirasi

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang mengajak masyarakat tetap menjaga toleransi antar umat muslim meski ada perbedaan penetapan 1 Ramadan 1445 H. Umat Islam diminta untuk lebih fokus pada ibadah di bulan suci Ramadan, dan tidak terpecah belah dengan adanya perbedaan tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Sampang Abdul Wafi mengatakan perbedaan penetapan 1 Ramadan 1445 H adalah hal yang lumrah. Ia berharap, perbedaan tersebut tidak dijadikan bahan pemecah silaturahmi antar umat muslim.

"Itu hal lumrah. Jangan jadikan itu sebagai pemecah silaturahmi dan harmonisasi masyarakat muslim di Sampang," katanya.

Abdul Wafi menyebut, meski ada perbedaan 1 Ramadan namun ia berharap umat Islam di Sampang dapat beribadah puasa dengan khusyuk.

"Semoga umat Islam di Sampang dapat menjalankan ibadah puasa dengan kekhusyukan. Kita tetap harus bisa menjaga toleransi dalam menjalani bulan puasa," kata dia.

Abdul Wafi menjelaskan, dari pemantauan hilal dan sidang isbat diketahui bahwa pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1445 H jatuh pada Selasa 12 Maret 2024. Kesimpulan itu berdasarkan pengamatan posisi hilal di Indonesia, termasuk di Sampang

Berdasarkan Rukyatul hilal di Pelabuhan Taddan,Desa Taddan,Kecamatan Camplong,Kabupaten Sampang, Minggu (13/2/2024), posisi hilal untuk awal Ramadan sulit diamati karena terkendala oleh cuaca mendung.

"Posisi matahari atau persisnya keadaan cuaca hari ini sedikit tidak bersahabat agak mendung berawan sehingga ini menyulitkan. Tapi ini semua tidak terlalu berpengaruh sebab secara astronomis data hilal untuk awal Ramadan itu teramat rendah," kata dia.

Perlu diketahui, kegiatan Rukyatul Hilal di Sampang dihadiri oleh Kabag Kesra Pemkab Sampang, Para Kasi, Penzawa dan pejabat serta staf Kemenag Sampang, Badan Hisab Rukyat Sampang, Lembaga Falakiyah PCNU Sampang serta team mahasiswa ITB Bandung dan ITS Surabaya.

#KementerianSemuaAgama

Post Comment