Monday, 29 Nov 2021
Berita

Kemenag Sampang Lakukan Kalibrasi Arah Kiblat 5 Masjid di Sampang

kemenagsampang.com -Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang melakukan kalibrasi arah kiblat pada sejumlah masjid yang ada di Kabupaten Sampang. Diantaranya Masjid Nur Inka, Masjid Al Istiana, Masjid Al Abror, Masjid Al Ansor dan Masjid At Taqwa.

Kegiatan ini dilakukan selama 2 (dua) hari, mulai hari Rabu Tanggal 13 Oktiober 2021 hingga Hari Kamis Tanggal 14 Oktober 2021.

Imam Mahmudi selaku selaku Ketua Tim Kalibrasi Arah Kiblat mengatakan, arah kiblat tidak bisa dikira-kira dengan mengarah kebarat, jika terjadi kesalahan maka akan berakibat fatal pada penentuan arah kiblat tempat ibadah umat Islam. Perbedaan satu derajat akan mengakibatkan selisih ratusan kilometer dari Ka’bah.

"Pengukuran arah kiblat sangat penting bagi semua tempat ibadah umat Islam, oleh sebab itu pengukuran arah kiblat wajib dilakukan disetiap pembangunan masjid atau mushola, pergeseran sebesar 1° saja maka akan terjadi selisih sekitar 145 km dari Ka'bah,"jelasnya.

Lebih lanjut Imam, memamparkan Kalibrasi dilakukan dengan menggunakan peralatan penentu arah kiblat seperti kompas, aplikasi GPS ataupun theodolith.

“ Dalam pengukuran kami melibatkan Badan Hisab Rukyat Kabupaten Sampang untuk menjaga validasinya “ Kata Kasi Penyelenggara Zakat Wakaf Kemenag Sampang ini.

Untuk itu, pihaknya berharap pelayanan bantuan kalibrasi arah kiblat ini diharapkan bisa membantu umat yang menginginkan keakuratan dalam penentuan  arah kiblat di Mesjid dan Mushola.

‘ Bagi masyarakat yang ingin kalibrasi arah kiblat pada masjid ataupun langgarnya, silahkan buat permohonan dan tujukan ke Kantor Kemenag Sampang, Insya Allah kami siap melayani ” tutur Imam.

Layanan Kalibrasi Arah Kibat ini rupanya cukup mendapatkan respon yang positif bahkan mereka tampak cukup antusias. Salah satunya bersumber dari Takmir Masjid At Taqwa Desa Apaan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang.

Ketua Takmir Masjid At Taqwa, H. Achmad Dhofir, menyampaikan bahwa keberadaan layanan kalibrasi arah kiblat yang diberikan oleh Kemenag Sampang ini sangat membantu peribadatan yang ada di Masjidnya.

“ Kami sangat berterima kasih sekali dengan adanya layanan ini, Kami sungguh sangat terbantu, ternyata selama ini arah kiblat saat kami sholat berjamaah kurang miring sedikit “ Ucapnya sambil tersenyum.  (Red)

 

 

Post Comment