Saturday, 22 Jan 2022
Berita

Kemenag Sampang Studi Banding Ke Kampung Zakat Jambe Arum Jember

kemenagsampang.com -Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang  melakukan studi banding ke Kampung Zakat di Desa Jambe Arum Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember, Rabu (08/12/2021)

Studi banding ini dipimpin langsung oleh Imam Mahmudi sebagai Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Sampang dan diikuti jug oleh perwakilan Kantor Urusan Agama (KUA), Seksi Bimas Islam Kemenag Sampang dan Unit Pengelola Zakat (UPZ) di Sampang.

Sebagaimana di Ketahui bahwa  kampung zakat tersebut adalah sebuah Program Unggulan Kemenag Jember dan telah menjadi percontohan di Jawa Timur.

Kegiatan studi banding ini di hadiri Ketua Kampung Zakat Jambe Arum  Amiruddin, Penyelenggara Zawa Kemenag Jember H. Abdurrahman, Kepala KUA Sumber Jambe, Kepala Desa Jambe Arum dan para penyuluh Agama Islam.

Ketua Kampung Zakat Jambe Arum Amiruddin menyampaikan rasa ucapan terima kasih Tim Kemenag Sampang atas kunjungannya di Kabupaten Jember, Khususnya di Kampung Zakat.

” Kami merasa terhormat dan berterima kasih atas kunjungannya  Ke Kampung Zakat Jambe Arum Jember .  Semoga ini bukanlah kunjungan terakhir tapi akan kembali dalam kegiatan selanjutnya,” ucap Amiruddin

Amiruddin juga menyampaikan  bahwa keberadaan kampung zakat di desanya tersebut banyak didukung oleh berbagai pihak diantaranya BAZNAS, UPZ Kemenag, LAZISNU, LAZISMU, BMH, LAZIS, RIZKI NH, Yatim Mandiri, dan YDSF.  Sehingga pengelolaan program kampung Zakat berjalan sesuai dengan harapan.

“ Dukungan itu hadir karena adanya kepercayaan atas  pengelolaan kampung zakat yang transparan dan terbukti amanah “  Ucap Amiruddin.

Amiruddin menjelaskan, diantara program kampung Zakat yang manfaatnya nyata dirasakan oleh  masyarakat etempat adalah pemberdayaan ekonomi dengan  memberikan keterampilan menganyam bakul dari bambu, ternak ayam, ternak kambing kambing, pendidikan Al Qur'an dan buta aksara, serta program beasiswa satu rumah satu sarjana.

“ Alhamdulillah dengan adanya kampung Zakat ini kesejahteraan masyarakat sudah mulai terangkat serta juga mampu meningkatkan kualitas SDM nya “ Jelas Amiruddin.

 

Sementara itu, Ketua Tim Studi Banding Imam Mahmudi  mengucapkan terima kasih atas sambutan warga Kecamatan Sumber Jambe.

“Kedatangan Kami ke sini  ada beberapa agenda yaitu dalam rangka belajar tata cara pengelolaan  Kampung Zakat  sekaligus ingin bersilaturrahim kepada Warga Kampung Zakat Jambe Arum Sebatik Timur yang namanya sudah diKenal hingga nasional,” terangnya.

Imam mengaku  sangat kagum dan bangga dengan  keberhasilan yg dicapai oleh Kampung Zakat Jambe Arum tersebut.

‘ Sungguh ini menjadi motivasi utama kami untuk membuat kampung Zakat di daerah kami tercinta Sampang, doa kan kami semoga kampung Zakat yg ada disini bisa berada juga  di Sampang “ Kata Imam

Selanjutnya, acara diteruskan dengan pemberian bantuan bingkisan dan uang kepada 60 Para janda dhuafa dan anak yatim yang hadir di lokasi tersebut. Kemudian ditutup dengan obeservasi langsung bservasi langsung ke lokasi-lokasi binaan kampung Zakat. (Red)

 

 

Post Comment