Wednesday, 20 Oct 2021
Berita

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini, MIN Sampang Gelar LDKS

kemenagsampang.com -Guna menanamkan jiwa kepemimpinan sejak dini, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sampang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama selama dua hari, mulai tanggal 8 s/d 9 September 2021.

Bertempat di Aula MIN Sampang, kegiatan ini mengambil tema “Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan yang Moderat dan Berkarakter menuju Indonesia Maju “. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 4 orang pengurus kelas dari 12 rombel yang ada tampak sangat antusias mengikuti LDKS ini hingga selesai.

Keala MIN Sampang, Abd. Hayyi menyampaikan tujuan dilaksanakan LDKS adalah untuk membentuk kepribadian para peserta didik. Terutama, untuk membentuk personal leadership (kepemimpinan pribadi) siswa.

Menurut Abdul Hayyi tidak semua orang bisa menjadi pemimpin yang baik dan benar.  Oleh karena itu perlu dipelajari dan dibiasakan sejak dini agar menjadi pemimpin yang siap menyambut tongkat estafet kepemimpinan.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa melatih para siswa untuk memiliki mental yang tangguh namun tetap memahami bagaimana beretika dalam berorganisasi, moderat dalam menghadapi berbagai situasi serta membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi,” ujar Hayyi, Senin (08/09/2021).

Sementara itu, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Agus Zainal Abidin menuturkan materi dalam kegiatan ini antara lain kepemimpinan, manajemen organisasi, kedisiplinan, pendidikan karakter, kesiswaan dan ekstrakurikuler.

Ditambahkan Agus, Metode yang digunakan adalah metode problem solving, permainan, dan kegiatan-kegiatan yang menarik bagi siswa. Sedangkan narasumber yang terlibat adalah para wakil kepala madrasah dan pembina kegiatan ekstrakurikuler.

“Kegiatan ini baru pertama kali diadakan, dan karena masih dalam situasi pandemi, kami memang sengaja tidak mengundang narasumber dari luar,” pungkasnya.(Red)

 

 

Post Comment