Sunday, 21 Jul 2024
Berita

Ukur Indeks Moderasi Beragama, 510 ASN Kemenag Sampag Ikuti ujian CAT IPMB

kemenagsampang.com -Sebanyak 510  ASN di lingkungan kerja Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang  mengikuti tes serentak ujian Indeks Profesional dan Moderasi Beragama (IPMB) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) pada Hari Selasa Tanggal 27 Desember 2022.

Bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sampang, pelaksanaan test akan dibagi dalam dua sesi yakni sesi I mulai pukul 08.00 s/d 10.00 WIB dan sesi II mulai pukul 10.00 s/d 12.00 WIV.

Dijumpai saat memantau pelaksaan ujian, Kasubag TU Kemenag Sampang Abdus Salam mengatakan Tes CAT IPMB ini merupakan program dari Kementerian Agama RI yang digunakan untuk  untuk mengukur cara pandang beragama ASN Kemenag.

“ Ujian ini untuk mengukur tingkat pegetahuan dan cara bersikap dalam beragama para ASN Kemenag dengan cara memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik kanan atau kiri “ Ujar Abdus Salam, Selasa (27/12/2022).

Ditambahkan Abdus Salam , tujuan CAT IPMB Kemenag ini agar ASN Kemenag agar menjadi pelopor utama dalam pelaksanaan moderasi beragama untuk menghilangkan ekstremisme, radikalisme dan ujaran kebencian yang berakibat retaknya hubungan antar umat beragama.

“  Diharapkan semua ASN di lingkungan Kemenag  Sampang agar bisa lebih memahami apa itu moderasi yg selanjutnya agar lebih mederat dalam menjalani kehidupan dan bermasyarakat dan beragama. Serta bisa menghindari dari paham-paham radikal dan sekuler yang dapat mengganggu bahkan merusak pada persatuan dan keutuhan NKRI “ Imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar pelaksanaan CAT IPMB bisa digelar secara sukses, lancar dan tanpa ada kendala apapun.

“ Semoga pelaksanaan test bisa berjalan lancar dan sukses “ pungkas Abdus Salam. (Red)

 

Post Comment