Berita

Kepala Kemenag Sampang Buka Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Di MIN Sampang

kemenagsampang.com -

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, Kelompok Kerja Guru (KKG) Madrasah Ibtidaiyah Negeri adakan Workshop Kurikulum Merdeka di Aula MIN Sampang, Kamis (09/03/2023).

Kegiatan tersebut,  dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang Abdul Wafi yang didampingi Kasi Pendma Kemenag Sampang Wahyu Hidayat.

Kepala  Kemenag Sampang, Abdul Wafi,  dalam sambutan pembukaan memberi apresiasi atas terselenggaranya workshop tersebut, berharap kegiatan ini memberikan output positif untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan di Madrasah.

“ Kami sangat mengapresiasi atas inisiasi yang dilakuakan oleh KKG MIN Sampang dengan mengadakan workshop implementasi  kurikulum merdeka ini “ Ucap Abdul Wafi.

 

Menurut Abdul Wafi  Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran yang beragam. kurikulum merdeka berfokus pada konten-konten yang esensial agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

“ Disinilah titik pentingnya dorongan pada para guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran “ tutur Abdul Wafi.

Abdul Wafi juga mengatakan kurikulum merdeka ini juga menuntut adanya profesionalitas guru.  Baik secara kualifikasi maupun kompentensi.

“ Peningkatan kompetensi guru, merupakan tuntutan profesi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Karena itu, meningkatkan kompetensi guru menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan untuk menjaga profesionalitas “ Kata Abdul Wafi.

Selain itu, Lanjut Abdul Wafi, tak kalah pentingnya bagi seoarang guru juga harus meningkatkan kedisiplinan dalam menjaga kualitas kinerja.

“ Jika seorang guru tidak disiplin maka bisa dipastikan para peserta didiknya juga akan tidak disiplin, karena mereka meniru gurunya  “ sambung Abdul Wafi .

Sementara itu, Kepala MIN Sampang Abdul Hayyi menyambpaikan bahwa workshop implementasi kurikulum merdeka ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru-guru MIN Sampang dalam rangka  penerapan kurikulum merdeka yang akan diimplementasikan tahun pelajaran yang akan datang.

“ Tujuannnya agar guru-guru di lembaga pendidikan kami sudah siap melaksanakan kurikulum merdeka di tahun pelajaran akan datang “ tukas Abdul Hayyi..(red)

Post Comment