Wednesday, 20 Oct 2021
Berita

Mutakhirkan Data Pemilih, Kemenag Sampang Jalin Kerjasama Dengan KPU Sampang

kemenagsampang.com -Untuk memutakhirkan data pemilih berkelanjutan di Kabuapten Sampang, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang menggelar acara Silaturrahmi dan Koordinasi di Aula Kantor Kemenag Sampang , Selasa (28/9).

Acara tersebut dihadiri Kepala Kantor Kemenag Sampang H. Pardi, Ketua KPU Sampang Addy Imansyah, Kasubag  TU, par Kepala Seksi Kemenag Sampang serta Komisioner dan staf KPU Sampang.

H.Pardi, Kepala Kantor Kemenag Sampang menuturkan, pihaknya sangat mendukung penuh upaya kerjasama untuk memuktahirkan data pemilih melalui pemanfaatn data EMIS dan SIMKAH.

"Akan kita sosialisasikan kepada seluruh satker, KUA dan madrsah  untuk ikut mensukseskan program pemutakhiran data ini," terang H.Pardi 

Lebih lanjut, H.Pardi mengatakan secara teknis operasional kerjasama ini bisa ditindaklanjuti dengan membentuk tim bersama. Bahkan, Ia pun berharap tidak hanya soal pemuktahiran data namun juga bisa diperluas untuk melakukan pendidikan pemilih.

“ Kami ini punya ratusan penyuluh agama yang tersebar di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang, Insya Allah mereka pasti bisa jika dibutuhkan dan diajak kerjasama melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih “ tukas H.Pardi.

Addy Imansyah, Ketua KPU Sampang sangat mengpresiasi respon yang diberikan oleh Kemenag Sampang.

“ Terus terang baru di Kemenag Sampang ini kami mendapatkan sambutan yang cukup ramah dan responsif “ kata Addy, sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan bahwa kunjungan silaturrahmi ini bertujuan untuk  menindaklanjuti penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kanwil Kemenag Jatim dan KPU Jatim terkait pemanfaatan data Education Management Information System (EMIS) pendidikan Islam dan pondok pesantren serta Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) untuk pemuktahiran data pemilih berkelanjutan.

“ Pasca ditandatanganinya kerjasama beberapa waktu lalu, acara tindak lanjut berupa silaturrahmi dan koordinasi ini merupakan yang pertama kali se Jawa Timur, jadi bisa dikatakan pertemuan ini merupkan pioneer “ terangya.

Addy menyampailan data EMIS dan SIMKAH yang dimiliki oleh kemenag akan digunakan sebagai refrensi dalam pemuktahiran data pemilih selain data utama dari Dispendukcapil. 

Selain itu, Tambah Addy, Data EMIS juga berfungsi untuk memetakan potensi masalah hak pilih terutama yang ada di pondok pesantren.

“ Pengalaman Pemilu dan Pilkada sebelumnya, di Ponpes sering kali bermasalah karena banyak santri mukim yang berasal dari luar Sampang. Kalau tidak diurai sejak dini berpotensi mereka kehilangan hak pilihnya “ ungkap Addy. (Red)

Post Comment