Tuesday, 16 Apr 2024
Berita

DWP Kemenag Sampang Gelar Test IVA dan Sadanis Gratis

kemenagsampang.com - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Kabupaten Sampang menggelar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Sadanis.

Ketua DWP Kemenag Sampang  Yuliastutik Ersyad, acara ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat besar untuk mengikuti acara yang diinisiasi DWP Kemenag Sampang . Tercatat ada 196 peserta yang sudah mendaftar, ini sudah melampui angka 50 orang yang ditargertkan,” Ujar Yuliastutik Ersyad di Sampang, Rabu (10/8/2022).

“Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 14 Kecamatan berkerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat dan tentunya semuanya gratis“  sambungnya.

Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.

Menurut Yuliastutik Ersyad, dalam pelaksanaan tes IVA dan Sadanis, Kementerian Agama RI telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI. Kemudian, ditindak lanjuti oleh masing –masing kemenag di Kabupaten dengan dinask kesehatan setempat. 

Di Sampang, lanjut Eny Retno,  sebelum giat test IVA dan Sadanis dilakukan seremonial pembukaan yang berlangsung pada 10 Agustus 2022, Pukul 08.00 WIB, bertempat di Aula Kantor Kemenag Sampang.

Seremonial pembukan digelar secara online melalui zoom meeting. Acara pembukaan itu, dipimpin oleh   DWP Kemenag RI serta diikuti oleh  DWP Kemenag Kanwil dan Kemenag Kabuapten/Kota se Indonesia dan PTKN penyelenggara tes IVA dan Sadanis di daerah masing-masing.

"Karena masih pandemi, proses tes IVA dan Sadanis tetap menerapkan protokol kesehatan," tandas Yuliastutik Ersyad . (Red)

 

 

Post Comment