Sunday, 19 Sep 2021
Berita

Menara Rukyatul Hilal Direncanakan Akan Dibangun Di Pulau Mandangin

kemenagsampang.com - Pulau Mandangin menjadi pilihan lokasi rencana pembangunan menara pemantau hilal atau rukyatul hilal di Kabupaten Sampang.

Hal ini nampak dari kedatangan Tim Survey Lokasi Pembangunan Menara Rukyatul Hilal ke pulau tersebut., Selasa (09/03/2020).

Tim Survey merupakan kolaborasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang dan Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Sampang.

Pulau Mandangin  dipilih, karena wilayah tersebut langsung berdekatan dengan garis pantai dan dinilai sangat strategis. Selain itu, Pulau Mandangin dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sampang.

“ Hari ini kami masih melakukan survey lokasi observatium rukyatul hilal yang berintegrasi dengan pengembangan destinasi wisata di Pulau Mandangin “ Kata Kepala Kemenag Sampang, Pardi.

Pardi mengaku sangat mendukung upaya  kolaborasi pembangunan menara rukyatul hilal tersebut.

‘ Jika hal ini terwujud secara nyata maka Sampang akan punya punya destinisasi wisata religi dan observatium kelas wahid yang akan memberikan nilai tawar dan pointer positif dalam rangka pengembangan Sampang sebagai kota religi  " tukas  Pardi.

Kepala Bagian (Kabag) Kesjahteraan Rakyat Pemkab sampang, Tolkhah, juga mendukung inisiatif dari Kemenag Sampang atas rencana pembangunan pembangunan menara rukyatul hilal di Pulau Mandangin.

“ Ini sejalan dengan upaya pemkab Sampang dalam mengembangkan destinasi wisata di Pulau Mandangin “ ujar Tolkhah.

Disamping itu, lanjut Tolkhah, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat kerja pengurus Badan Hisab Rukyat Kabupaten Sampang.

“ Jadi ini merupakan hasil aspirasi masyarakat yang kemudian dilaporkan ke Kemenag Sampang dan Kemenag Sampang melaporkan ke Bapak Bupati Sampang, Alhamdulilah Bupati Sampang menyetujui “ tandasnya.

Adapun lokasi di Pulau Mandangin yang disurvey sebanyak 3 (Tiga) titik yaitu Kawasan pantai Candin Mandangin Timur, pesisir pantai sebelah timur pantai Candin dan pesisir pasir putih Mandangin barat.(Red)

Post Comment